00-SALAM HANGAT-00__00-WELCOME-00__00-SELAMAT DATANG-00__00-PERMATA ACEH-00__00-SEMOGA BERMANFAAT-00__00-BERUNTUNG SELALU-00__00-Aamiin-00

Friday, December 23, 2011

Kopi Gayo Potensi Daerah Kab. Aceh Tengah dan Bener Meriah

Kopi Gayo
Lahan seluas 87.000 hektare dan terus bertambah di Aceh Tengah dan Bener Meriah ditumbuhi oleh kopi yang merupakan potensi daerah yang sangat besar untuk wilayah penghasil kopi. Perkebunan kopi ini semua dikelola oleh masyarakat yang menyerap tenaga petani sekitar 62.000 Kepala Keluarga.

Saat ini ada beberapa jenis kopi yang tumbuh di wilayah ini. Petani setempat biasa menyebutnya dengan
  1. Kopi Timtim
  2. Kopi Borbor
  3. Kopi Arab
  4. Kopi Ateng/Ateng Super
Jika kita singgah di perkebunan kopi ini. Kita akan melihat pohon kopi yang dilindungi oleh pohon petai dari sinar matahari. Selain petai, petani juga menggunakan pohon Kayu air sebagai pelindung. Saat ini sedang diteliti jenis pohon lain yang dapat digunakan sebagai pengganti petai. Diharapkan pohon yang akan diteliti ini memiliki manfaat yang berlipat ganda.

Kopi Gayo terkenal dengan rasa dan aromanya yang nikmat. Di masing-masing tempat Aceh Tengah  (Central Kupi) dan Bener Meriah (Bergendal Kupi Gayo) sudah tersedia tempat untuk menikmati kenikmatan Kopi Gayo asli ini.

No comments:

Post a Comment